Tuesday, September 30, 2014

memanjakan anak

Meruya, 30 september 2014 pukul 20.04
Setelah cerita kemarin saat saya berbuat tegas kepada Putri agar ia menepati janji, kadang terasa menyakitkan, tetapi harus dilakukan menurut saya, saat ia masih kecil kita mendiamkan saja sebuah kesalahan maka hal tersebut akan dianggap benar olehnya sampai ia dewasa nanti. Cara menegur kesalahan kepada anak ada beberapa tahapan yaitu menegur dan mengatakan hal tersebut salah, jika masih mengulanginya, menegur dengan raut muka serius, atau menjauhkan sebentar pada dirinya jika memang telah keterlaluan dan ia tidak mau mengubah prilaku yang salah tersebut, hal tersebut dilakukan dengan konsisten dan tidak berubah, agar anak tahu mana yang baik dan buruk sejak dini. Menegur dengan cara yang lembut serta menjelaskan kesalahannya saat ia sudah merasa butuh dekat dengan kita, maka ia akan mendengarkan apa yang kita inginkan dan anak mengerti apa yang salah dengan kelakuannya.
Memanjakan atau mendiamkan kesalahan anak akan berdampak pada nantinya, saat ia meminta langsung diberikan atau dituruti hal tersebut tidak mendidiknya, saat ia nanti dewasa maka ia akan terbiasa seperti itu, siapa yang susah?
Semua orang tua pasti sayang pada anaknya, tetapi kita harus bisa mengetahui kapan kita manjakan dia, kapan kita harus berbuat tegas dengannya, semua itu merupakan keseimbangan dalam mendidik anak.
Proses membangun karakter anak ada di Adakah sedikit waktu untukku?

No comments:

Post a Comment